Senin, 17 November 2008

SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN PEMERINTAH PUSAT (SPKPP)

Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Sedangkan pengertian pengelolaan keuangan negara adalah keseluruhan kegiatan pejabat pengelola keuangan negara sesuai dengan kedudukan dan kewenangannya, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban. Dalam pelaksanaannya, keuangan negara dapat kita bedakan menjadi dua hal yang sangat penting yaitu keuangan negara yang dipisahkan pengelolaanya dan keuangan negara yang tidak dipisahkan pengelolaannya (dikelola sendiri) oleh negara. Keuangan negara yang dipisahkan, pengelolaanya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Negara. Sedangkan keuangan negara yang tidak dipisahkan (dikelola sendiri) tercermin dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara.

Materi ini akan meliputi gambaran umum keuangan negara dan APBN, proses penyusunan dan penetapan APBN, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN, mekanisme pelaksanaan penerimaan dan pembiayaan, mekanisme pembayaran atas pelaksanaan APBN, sistem akuntansi pemerintah pusat dan sistem akuntansi bendahara umum negara (SA-BUN), kebijakan akuntansi sampai dengan sistem akuntansi barang milik negara.

Seiring dengan perubahan waktu, bentuk-bentuk perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban APBN telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Anggaran yang sebelumnya kita kenal memiliki dua jenis yaitu rutin dan pembangunan, saat ini hanya dikenal satu jenis saja yaitu anggaran rutin demikian juga dalam metode pertanggungjawabannya. Semula kita hanya mengenal Pertanggungjawaban Anggaran Negara (PAN) sebagai satu-satunya bentuk pertanggungjawaban. Saat ini kita mengenal adanya Laporan Keuangan yang terdiri dari Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara. Meskipun dalam penyusunan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara tersebut telah digunakan suatu sistem yang dikenal dengan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat yang mencakup sub sistem Sistem Akuntansi Bendahara Umum Negara (SA-BUN) dan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dalam pelaksanaannya sistem tersebut belum sepenuhnya menggunakan sistem komputerisasi karena masih juga melibatkan sistem manual.
Adanya perubahan tersebut tentunya mengharuskan pemeriksa untuk dapat memahami bagaimana sebenarnya pengelolaan keuangan negara tersebut dilaksanakan. Buku ini, yang secara spesifik membahas mengenai keuangan negara yang tidak dipisahkan (dikelola sendiri) yang tercermin dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja diharapkan dapat memberikan gambaran umum mengenai bagaimana pengelolaan keuangan negara tersebut dilaksanakan. Buku ini secara umum mencakup proses perencanaan, proses pelaksanaan anggaran penerimaan, pembiayaan dan pengeluaran, dan pertanggungjawaban yang juga membahas mengenai mekanisme apa yang digunakan dalam menghasilkan pertanggungjawaban tersebut.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu Elizabeth yang kebetulan adalah pemberi pinjaman online dari agen pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat jabatan saya hari ini.

 Beberapa bulan yang lalu saya melihat sebuah komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman secara online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 250000000 Rupiahnya tanpa stres. dan tunda, tolong jangan hubungi Dr James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

Saya memutuskan untuk menghubungi Devina untuk memastikan apakah benar dan untuk membimbing saya tentang bagaimana mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia menyuruh saya untuk menghubungi Ibu Elizabeth saya berkeras agar dia harus memberi tahu saya prosesnya dan kriteria yang dia katakan itu adalah sangat mudah bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir permohonan kirim kembali, kirim pindaian pindaian kartu identitas saya, lalu daftarkan diri dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu aku bertanya padanya bagaimana kamu mendapatkan pinjamanmu? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Ibu Elizabeth dan saya mengikuti petunjuk dengan seksama untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya telah disetujui dengan sukses namun sebelum pinjaman tersebut dipindahkan ke rekening saya, saya diminta untuk berjanji untuk membagikan kabar baik tentang Nyonya Elizabeth dan itu adalah kenapa kamu melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya saya menerima peringatan 150000000 Rupiah.Jadi saya saran setiap orang yang mencari sumber terpercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman yang aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau anda juga bisa menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak untuk yang lain.

Ahitra Gaethon mengatakan...

hidup saya layak untuk dijalani dengan nyaman bagi saya dan keluarga saya sekarang dan benar-benar belum pernah melihat kebaikan yang ditunjukkan kepada saya sebanyak ini dalam hidup saya karena saya telah melalui masalah seserius anak saya menemukan kecelakaan mengerikan dua minggu terakhir, dan dokter menyatakan bahwa dia perlu menjalani operasi yang rumit agar dia dapat berjalan lagi dan saya tidak dapat membayar tagihan, kemudian operasi Anda pergi ke bank untuk meminjam dan menolak saya dengan mengatakan bahwa saya tidak memiliki nilai kredit, dari sana saya lari ke ayah saya dan dia tidak dapat membantu, kemudian ketika saya menelusuri jawaban yahoo dan saya menemukan pemberi pinjaman pinjaman mr, pedro, menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga yang terjangkau saya tidak punya pilihan selain mencobanya dan mengejutkan itu semua seperti mimpi, saya mendapat pinjaman sebesar $ 110,000.00 untuk membayar operasi anak saya kemudian mendapatkan bisnis yang nyaman untuk membantu saya berjalan juga. saya bersyukur hari ini baik dan Anda dapat berjalan dan bekerja dan beban lebih lama pada saya lebih banyak dan kami dapat memberi makan dengan baik dan keluarga saya bahagia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan berduka dengan keras di dunia keajaiban tuhan kepada saya melalui pemberi pinjaman yang takut akan tuhan ini mr pedro dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi pria yang takut akan tuhan ini di ...... pedroloanss@gmail.com terima kasih